MATAHATI

MAsa TuA Hidup mAkin BerarTI

Program MATAHATI ini bertujuan untuk memberikan perhatian dan pelayanan terbaik bagi para lansia.

Dasar dari program ini adalah rasa peduli terhadap para lansia yang membutuhkan dukungan dan perhatian dari Gereja, maupun keluarga, agar mereka tidak merasa diabaikan dan dipandang tidak mampu, tetapi sebaliknya melalui program Matahati ini lansia dipandang tetap memiliki potensi dari segi pengalaman.

Program Matahati merupakan ajang bagi para lansia untuk:

Bertemu

Berkegiatan dan,

Berbicara

sambil menikmati pelayanan yang di berikan oleh para pendamping, karena di dalam program MATAHATI ini Para Lansia diajak untuk beribadat, bernyanyi, menonton video dan yang terpenting adalah mereka diberi ruang untuk bercerita, mengenai pengalaman masa lalu dan juga masa sekarang.

Program MATAHATI ini berbentuk Rekoleksi sederhana yang terdiri dari 12 topik yang membahas tentang kebutuhan-kebutuhan lansia, agar para lansia dapat memiliki rasa nyaman di masa tua mereka.

Karena berbentuk rekoleksi maka program ini diperuntukan bagi lansia yang ada di Paroki, Wilayah, Lingkungan atau bahkan dilingkup komunitas-komunitas Lansia seperti Panti Panti Werda.

F A Q

  • Apakah program ini harus dilakukan per topik atau bisa per paket ?
  • Kami sangat merekomendasikan agar program dijalankan per topik, karena dalam 1 topik saja  membutuhkan waktu sekitar 60 – 75 menit. Sementara kita juga harus memperhatikan kondisi para lansia dengan segala keterbatasan yang ada pada mereka.
  • Apakah para fasilitator boleh ber improvisasi dalam penyampaian materi per topik ?
  • Pasti boleh, karena kami justru mengharapkan para fasilitator menjadi diri sendiri saat memfasilitasi para lansia, dan yang terpenting adalah memahami maksud yang akan disampaikan dalam topik secara keseluruhan terlebih dahulu agar dalam menyampaikan materi kita tidak melebar ke topik lain.
  • Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjadi Fasilitator
  • Fasilitator harapkan untuk memahami bahwa dalam pendampingan lansia di butuhkan Kesabaran agar mereka merasa nyaman, sehingga tercipta suasana yang pendampingan yang menyenangkan.